About 2018-08-21T04:39:37+00:00

About Us

POPULI Center adalah lembaga nirlaba untuk pengkajian opini publik dan kebijakan publik yang berkedudukan di Jakarta dan berdiri sejak 6 Juni 2012 di bawah badan hukum Yayasan Populi Indonesia (Nomor: AHU-5475.AH.01.04. Tahun 2012). Lembaga ini didirikan untuk melakukan kajian-kajian empirik persepsi publik mengenai masalah sosial politik dan ekonomi khususnya yang terkait dengan kepemimpinan nasional dan daerah, kajian elektoral dan pemilihan umum, serta evaluasi kebijakan publik yang menjadi perhatian masyarakat luas.

Dalam kajian pemilu, Populi Center telah melakukan banyak survey nasional dan daerah mengenai perilaku pemilih dan kebijakan publik. Untuk mendukung berkembangnya analisa politik moderen dan dilandasi semangat transparasi serta akuntabilitas, Populi Center mempersilakan peneliti politik untuk menggunakan data-data primer sesuai dengan kesepakatan dan etika akademik.

Populi Center juga aktif memfasilitasi diskusi untuk aktivis pro-demokrasi, pejabat, politisi, dan akademisi dalam mengkaji berbagai tema menyangkut pemilu, demokrasi, dan isu-isu aktual lainnya. Populi Center menyelenggarakan radio talk-show rutin “Perspektif Indonesia” dan juga diskusi bulanan “Forum Populi.” Selain itu, diadakan juga program Kajian Indonesia Timur.

Untuk pengembangan kelembagaan, Populi Center juga mengadakan berbagai training dan kursus statistik maupun metode penelitian kuantitatif dan kualitatif buat staf peneliti, anggota komunitas, dan masyarakat umum yang berminat. Hasil kerja Populi Center telah diapresiasi oleh berbagai kalangan pembuat keputusan puncak mulai dari politisi, pimpinan partai politik, pejabat Pemerintahan, korporasi, hingga kolega akademisi, yang sangat membutuhkan informasi, data, dan analisa dari riset-riset yang telah dikerjakan selama ini.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Populi Indonesia adalah Dr. Prasetyantoko; dalam operasionalnya, Populi Center dipimpin oleh Hikmat Budiman, yang menjadi Direktur Eksekutif untuk periode 2017-2020.

Board of Advisors: Dr. Prasetyantoko (Ketua); Ratri lstania. MA; Prof. Dr. Ramlan Surbakti; Dr. Dan Slater; Teguh Yudo Wicaksono. PhD; Sukidi Mulyadi, MA, Ph.D (Cand); Sirojuddin Arif. MA. PhD (Cand.); E. Christiantoko; dan lchan Loulembah.

 

Populi Center …. for a better Indonesia!

Meet Our Team

Hikmat Budiman
Hikmat BudimanDirektur Eksekutif
Usep S Ahyar
Usep S AhyarDirektur
Memiliki berbagai pengalaman penelitian dan survei opini publik. Hingga sat ini masih aktif sebagai aktivis lingkungan, petani, dan penggerak civil society ditingkat Nasional maupun regional. Ia juga merupakan pengajar di UNSERA Serang, Banten.
Nona Evita
Nona EvitaManager Survei (Non Aktif)
Mendapatkan gelar Sarjana dibidang Media dan Komunikasi dari Goldsmiths, University of London, dan meraih gelar Master dibidang Southeast Asia Studies dari SOAS, University of London. Sejak 2011 fokus mempelajari bidang ekonomi pembangunan dan isu gender dalam ketenagakerjaan. Saat ini ini menjadi anggota Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI).
Rafif Imawan
Rafif ImawanManager Program
Mendapatkan gelar S1 dari Ilmu Pemerintahan Universitas Gadjah Mada, dan meraih gelar S2 dalam bidang Ilmu Politik dari Uppsala University Swedia, minat kajian pada isu-isu modal sosial, partai politik dan demokrasi.
Dimas Ramadhan
Dimas RamadhanPeneliti
Mendapatkan gelar Sarjana dibidang Ilmu Politik di Universitas Jendral Sudirman tahun 2009, dan meraih gelar master dibidang yang sama di Universitas Indonesia pada tahun 2014. Aktif sebagai relawan pemilu sejak 2009, dan banyak berkecimpung dalam aktifitas civil society khususnya bidang demokrasi.
Ade Ghozaly
Ade GhozalyPeneliti
Engge Kharismawati
Engge KharismawatiPeneliti
Mendapatkan gelar Sarjana dibidang Ilmu Komunikasi dari Universitas Multimedia Nusantara. Memiliki pengalaman dibidang jurnalistik sebagai wartawan.
Hartanto Rosojati
Hartanto RosojatiPeneliti
Mendapatkan gelar sarjana dibidang Ilmu Sosiologi Universitas Gadjah Mada pada tahun 2015. Aktif sebagai relawan survey semenjak tahun 2013. Memiliki pengalaman sebagai asisten peneliti.
Gunawan Hartono
Gunawan HartonoPeneliti
Dani Muhtada, Ph.D.
Dani Muhtada, Ph.D.Research Fellow
adalah pakar ilmu negara dan pemerintahan. Menamatkan pendidikan doktor di bidang ilmu politik dan administrasi publik dari Northern Illinois University, Amerika Serikat. Gelar master dalam bidang administrasi publik (MPA) diraihnya dari Flinders University Australia. Selain sebagai peneliti, Dani juga tercatat staf pengajar dan Ketua Bagian Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara (HTN-HAN) di Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang. Mata kuliah yang diampunya meliputi Ilmu Negara, Hukum Otonomi Daerah, Politik Hukum, Hukum Otonomi Daerah, Birokrasi dan Good Governance, serta Partai Politik dan Pemilu.
Adi Abidin
Adi AbidinResearch Fellow
Lebih dari 10 tahun mendorong demokrasi dan otonomi daerah di Indonesia, terutama dalam menyokong prinsip-prinsip transparansi, partisipasi, dan akuntabilitas pada lembaga-lembaga negara dan masyarakat sipil. Memiliki keahlian penelitian, advokasi, dan meraih gelar Master of International Relations dari Melbourne School of Government di The University of Melbourne dan Bachelor of Arts (Political Science) dari Northern Illinois University.
Ichan Loulembah
Ichan LoulembahResearch Fellow
Astri Nugraini
Astri NugrainiHRD (Non Aktif)
Aish Sholihah
Aish SholihahAdministration
Dya Waskara Setia Mukti Perkasa
Dya Waskara Setia Mukti PerkasaAccounting
Teten Bunyamin
Teten BunyaminStaff Umum
Asep Suherlan
Asep SuherlanOffice Boy
Yudha Kurniawan
Yudha KurniawanMedia Analyst

Our Core Values