Hasil Hitung-Cepat Populi Center 27 Juni 2018

Hasil Hitung-Cepat Populi Center 27 Juni 2018

Pada Pilkada Serentak 2018 lalu, Populi Center menyelenggarakan Hitung-Cepat (Quick Count) di tiga provinsi, yakni Sulawesi Selatan (Sulsel), Sumatra Selatan (Sumsel), dan Jawa Barat (Jabar). Untuk kebutuhan tersebut, di masing-masing lokasi Populi melakukan sampling pada 600 TPS,  dengan Margin of Error +/- 1%. Pengumpulan data di setiap lokasi dilakukan secara serempak oleh 600 (enam ratus) orang tenaga pengumpul data (TPD), sehingga secara total untuk tiga provinsi kami melibatkan 1.800 (seribu delapan ratus) orang TPD. Untuk setiap 100 (seratus) orang TPD kami menunjuk satu orang koordinator wilayah (Korwil), dan untuk masing-masing provinsi diterjunkan dua orang tenaga supervisor. Di kantor kami di Jakarta, kami juga melibatkan belasan tenaga operator telepon yang akan menerima laporan dari lapangan sekaligus memastikan seluruh tenaga TPD tadi melakukan kerja dengan baik dan melaporkan hasilnya kepada tim pengolah data.

Seperti sejak petang hari tgl. 27 Juni 2018 yang lalu telah ditampilkan pada halaman situs web Populi Center, hasil Hitung-Cepat kami di tiga provinsi di atas adalah sebagai berikut:

Tabel 1.
Hasil Quick-Count Populi dan Rekapitulasi KPU di Pilkada Jawa Barat

Tabel 2.
Hasil Quick-Count Populi dan Rekapitulasi KPU di Pilkada Sulawesi Selatan

Tabel 3
Hasil Quick-Count Populi dan Rekapitulasi KPU di Pilkada Sumatra Selatan

Dibandingkan dengan hasil final penghitungan Komisi Pemilihan Umum di tiga provinsi di atas, hasil Hitung-Cepat Populi Center terbukti cukup akurat, dengan selisih rata-rata di bawah + 0,5%.

Untuk melihatnya dalam konteks yang lebih luas, dalam rilis ini kami juga mencantumkan hasil penghitungan beberapa lembaga lain yang juga menyelenggarakan Hitung-Cepat di ketiga wilayah tadi, dan perbandingannya baik dengan hasil Hitung-Cepat Populi Center maupun dengan hasil rekapitulasi KPU masing-masing provinsi.

PILKADA SULAWESI SELATAN
Tabel 4.
Hasil Hitung-Cepat dan Rekapitulasi KPU Provinsi Sulawesi Selatan

Tabel 4 memperlihatkan hasil Hitung-Cepat Populi Center dan lembaga-lembaga survei lain memiliki tingkat akurasi yang cukup baik jika dibandingkan dengan hasil rekapitulasi KPU Sulsel. Secara keseluruhan, rata-rata hasil hitung cepat Populi Center dibandingkan hasil rekapitulasi KPU Sulsel hanya terpaut 0,21%. Angka 0,21% tersebut merupakan selisih yang terkecil jika dibandingkan dengan hasil-hasil hitung-cepat lembaga-lembaga lain yang ditampilkan di sini.

PILKADA JAWA BARAT
Tabel 5.
Hasil Hitung-Cepat dan Rekapitulasi KPU Provinsi Jawa Barat

Di Provinsi Jabar, mengacu pada hasil rekapitulasi KPU Jawa Barat, hasil Hitung-Cepat Populi adalah yang memiliki tingkat akurasi paling tinggi di antara lembaga-lembaga non-KPU yang dibandingkan di sini. Untuk persentase perolehan suara pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu, hasil Hitung-Cepat Populi bahkan hanya berselisih 0,01% dengan hasil rekapitulasi KPU Jabar. Sementara untuk pasangan-pasangan lain, masing-masing hanya berselisih 0,40% untuk pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum; -0,26% (TB. Hasanuddin-Anton Charliyan); dan -0,16% (Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi).

PILKADA SUMATRA SELATAN
Tabel 6.
Hasil Hitung-Cepat dan Rekapitulasi KPU Provinsi Sumatra Selatan

Hasil tidak jauh berbeda juga dapat dilihat pada Hitung-Cepat kami di provinsi Sumatra Selatan. Dibandingkan dengan hasil Hitung-Cepat lembaga-lembaga lain, Populi Center juga memiliki selisih hasil paling kecil dibandingkan hasil rekapitulasi KPU Sumsel yakni 0,36%.

Meskipun terdapat detail yang berbeda pada hasil hitung cepat lembaga survei lain dibanding dengan hasil rekapitulasi KPU masing-masing daerah, secara umum, lembaga-lembaga survei yang melakukan hitung-cepat di atas menghasilkan angka-angka perolehan suara yang cukup presisi untuk masing-masing calon. Tidak satu pun dari lembaga-lembaga tadi yang menghasilkan penghitungan perolehan suara yang bertolakbelakang dengan hasil penghitungan KPU. Pemenang versi hitung-cepat lembaga-lembaga survei, termasuk Populi, sama dengan pemenang Pilkada versi hasil rekapitulasi KPU. Artinya, dengan mempertimbangkan margin of error, maka hasil hitung cepat semua lembaga yang kami cantumkan di atas dapat dianggap sama dengan hasil rekapitulasi KPU.

CP: Rafif Pamenang Imawan (Peneliti Populi Center) / 081325727778

Versi PDF Klik disini

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.