Zaken Kabinet, Mungkinkah?


FP
Kabar kocok ulang kabinet berembus kemana-mana. Pemicunya ialah peleburan Kemenristekdikti dengan Kemendikbud, serta hadirnya Kementerian Investasi dan Pencipatan Lapangan Kerja. Wacana yang berkembang tidak sekedar menyebutkan pengisian pos kementerian baru, melainkan juga meluas ke perombakan kabinet, hingga harapan mewujudkan zaken kabinet di era pemerintahan Jokowi. Pertanyaannya, bisakah wacana pembentukan kabinet ahli tersebut terwujud? Bagaimana bisa memastikan Jokowi tidak tersandera kepentingan politik di dalam koalisi pemerintahan? Read More…

Perihal Pemindahan Ibu Kota





Pemerintah menegaskan bahwa pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur tetap dilaksanakan. RUU tentang Ibu kota Negara juga telah masuk ke dalam prolegnas 2021. Langkah nampak telah matang. Meski demikian, sudah sejauh mana kesiapan kepindahan ibu kota negara? Mengapa agenda ini penting? Forum Populi membahasnya dalam diskusi dengan tajuk “Perihal Pemindahan Ibu Kota” pada Kamis (8/4/2021), dengan menghadirkan Nirwono Joga (Pengamat Tata Kota Universitas Trisakti), Putri Rosalina (Peneliti Litbang Kompas), dan Erwinton Simatupang (Peneliti Populi Center) sebagai narasumber.

Read More…

Menakar RUU Perlindungan Data Pribadi





Kemajuan ekonomi digital di Indonesia makin pesat. Kemajuan ini justru menjadi celah bagi persoalan lain seperti banyaknya pihak yang menyebarkan kabar bohong atau hoaks dengan melakukan penyalahgunaan data pribadi. Kondisi ini yang kemudian memunculkan debat publik terkait dengan RUU Perlindungan Data Pribadi (PDP) yang sedang dalam pembahasan di parlemen. Lantas sejauh apa RUU PDP yang dibuat oleh DPR dapat memberikan jaminan terhadap keamanan data pribadi? Apakah perlu dibentuk lembaga khusus yang bertugas sebagai pemilik otoritas perlindungan data pribadi?

Read More…

Mengejar Target Vaksinasi




Masa depan harus diamankan dari ancaman COVID-19 secepat-cepatnya. Presiden Jokowi telah memberikan perhatian pada ketersediaan dan distribusi vaksin. Persoalannya, apakah target vaksinasi terhadap 181,5 juta warga dalam 15 bulan dapat dipenuhi? Apa langkah yang tepat untuk menggapai target tersebut?
Untuk menjawab rentetan pertanyaan tersebut, Forum Populi (18/03/2021) mengangkat tema “Mengejar Target Vaksinasi” pada Kamis 18 Maret 2021 melalui aplikasi zoom meeting. Hadir dalam diskusi tersebut Trubus Rahadiansyah (Pengamat Kebijakan Publik, Universitas Trisakti), Julitasari Sundoro (Sekretaris Eksekutif ITAGI) dan Hartanto Rosojati (Peneliti, Populi Center)

Read More…

Urgensi Revisi Undang-undang ITE


Untuk menghadirkan rasa keadilan di dunia digital, banyak kalangan, termasuk Presiden Joko Widodo, mendesak revisi UU ITE. Yang jadi pertanyaan, apakah revisi hanya difokuskan pada pasal-pasal karet? Bagaimana pula memastikan lembaga negara bisa bertindak adil dalam menegakkan regulasi pasca-revisi?
Forum Populi membahasnya dalam diskusi dengan tajuk “Urgensi Revisi UU ITE” pada Kamis (18/02/2021), dengan menghadirkan Prof. Henri Subiakto (Staf Ahli, Kominfo RI), Wahyudi Djafar (Direktur Eksekutif, ELSAM), Irine Hiraswari Gayatri (PhD Candidate, Monash Gender, Peace, and Security), dan Ade Ghozaly (Peneliti, Populi Center) sebagai narasumber.

Read More…

Keserentakan Pilkada Tetap di tahun 2024



Seri Policy Brief Populi Center, No.1. 5 Februari 2021

Pengantar

Pembahasan revisi Undang-Undang Pemilihan Umum (UU Pemilu) telah menjadi salah satu di antara 37 RUU (Rancangan Undang-Undang) lain yang diusulkan menjadi program legislasi nasional (Prolegnas) prioritas di tahun 2021. Revisi UU pemilu kali ini merupakan inisiatif dari DPR RI yang tentu saja membutuhkan persetujuan fraksi-fraksi di DPR terlebih dahulu sebelum mendapatkan persetujuan dari pemerintah. Posisi prolegnas tersebut telah disepakati di tinggkat pertama (Baleg) DPR RI, yang selanjutnya akan dibawa ke tingkat berikutnya.

Read More…

Gaduh Keserentakan Pemilu


FP

Rancangan revisi Undang-Undang (RUU) Pemilu telah memicu perdebatan terkait pelaksanaan Pilkada serentak. Yang jadi pertanyaan, apa saja sisi positif dan negatif jika pemilihan presiden, legislatif, dan kepala daerah dilakukan secara serentak pada 2024? Apa pula sisi positif dan negatif jika Pilkada serentak dimajukan pada 2022 dan 2023?


Read More…

Ke Timur Haluan Menuju: Sebuah Tantangan Akademis

Yogyakarta. Populi Center bekerjasama dengan Pusat Kebudayaan Koesnadi Harjasoemantri (PKKH) UGM dalam diskusi dengan tajuk “Ke Timur Haluan Menuju: Sebuah Tantangan Akademis” yang bertempat di PKKH UGM. Diskusi ini untuk membedah buku hasil dari penelitian Populi Center yang dilakukan di kawasan Maluku pada tahun 2018 lalu. Diskusi kali ini dihadiri oleh Prof. Dr. PM Laksono (Guru Besar Antropologi UGM), Saleh Abdullah (Anggota Wali Amanah INSIST), dan Hikmat Budiman (Direktur Eksekutif Populi Center).
Read More…

Ke Timur Haluan Menuju: Mencari Jalan lain Kesenian Kita



Populi Center dan Indonesia Visual Art Archive (IVAA) bekerjasama dalam sebuah diskusi dengan tema “Ke Timur Haluan Menuju: Mencari Jalan lain Kesenian Kita”. Diskusi ini berusaha membedah buku “Ke Timur Haluan Menuju” yang merupakah hasil penelitian tim Populi Center di Kepulauan Maluku. Acara ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 2 Oktober 2019 di Kantor IVAA Yogyakarta dan dihadiri oleh tiga narasumber yakni Ope’e Wardany, Phomat Wali, dan Hikmat Budiman. Adapun diskusi bedah buku kali ini dimoderatori oleh Yan Parhas.
Read More…