Esai-esai Peneliti Populi Center

  • Tren Evaluasi Masyarakat Terhadap Lembaga Negara




    “Pelatihan

    Kepercayaan masyarakat terhadap lembaga negara menjadi salah satu indikator penting dalam keberlangsungan pemerintahan. Tanpa kepercayaan dari rakyat, institusi negara tidak dapat berfungsi maksimal. Kepercayaan masyarakat ibarat jembatan yang mewakili legitimasi rakyat terhadap institusi, serta wujud keefektifan dari pemerintah yang demokratis.
    21 09 21 30
    Politik
    https://populicenter.org/gagasan/files/evaluasi-lembaga-negara.php#unique-entry-id-29
  • Tren Penilaian Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Presiden Joko Widodo




    “Pelatihan

    Partisipasi publik dalam memberikan penilaian dan evaluasi kinerja pemerintah menjadi salah satu ciri proses demokrasi yang baik. Penilain publik dalam hal ini dimaknai dalam dua kerangka besar. Pertama, sebagai kontrol publik terhadap realisasi janji kebijakan dan kinerja pemerintah. Kedua, sebagai evaluasi bagi pemerintah terhadap capaian kinerja yang telah dilakukan.

    21 09 21 30
    Politik
    https://populicenter.org/gagasan/files/tren-penilaian-terhadap-jokowi.php#unique-entry-id-28
  • Tren Penggunaan Media oleh Masyarakat Indonesia 2018-2020

    “Pelatihan

    Secara garis besar, pertanyaan mengenai penggunaan media atau media habit kami konstruksikan dalam dua set pertanyaan besar, yakni pertanyaan terkait media konvensional seperti surat kabar dan televisi, serta pertanyaan terkait dengan media digital seperti penggunaan media sosial hingga akses berita media online. Hasil survei dalam kurun waktu 2 tahun (2018 - 2020) menunjukkan beberapa temuan yang menarik.

    21 09 21 30
    Politik
    https://populicenter.org/gagasan/files/tren-penggunaan-media.php#unique-entry-id-32
  • Persepsi tentang Praktik Demokrasi di Indonesia




    “Pelatihan

    Sebagai negara demokrasi terbesar keempat di dunia, perkembangan praktik demokrasi di Indonesia sering menjadi rujukan bagi para peneliti baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Populi Center, dari Februari 2018 hingga Oktober 2020, melakukan beberapa kali survei, terutama untuk melihat persepsi masyarakat terhadap pelaksanaan demokrasi dan perihal demokrasi sebagai bentuk pemerintahan yang terbaik.

    21 09 21 30
    Politik
    https://populicenter.org/gagasan/files/praktik-demokrasi-indonesia.php#unique-entry-id-31
  • Persepsi Publik tentang Pemindahan Ibu Kota


    “Pelatihan

    Menyandang status Daerah Khusus Ibu Kota, Jakarta menjelma menjadi pusat kegiatan ekonomi, politik-pemerintahan, hingga perlambang kemajuan Indonesia. Dengan daya dukung infrastruktur yang dimilikinya, ia seolah berlari sendiri meninggalkan ‘saudara-saudaranya’ yang tersebar dari Sabang hingga Merauke, menghasilkan jurang ketimpangan yang menganga, terutama dengan daerah administrasi lainnya di luar Pulau Jawa.

    21 09 21 30
    Politik
    https://populicenter.org/gagasan/files/pemidahan-ibu-kota.php#unique-entry-id-30
  • Kesenjangan Pembangunan Antara Jawa dan Luar Jawa




    “Pelatihan

    Meskipun Bangsa Indonesia telah 75 tahun merdeka, pemerataan pembangunan dan ekonomi masih menjadi problem yang tidak kunjung selesai. Dengan kata lain, persoalan ketimpangan masih terjadi hingga saat ini. Struktur Indonesia secara spasial masih menghadapi ketimpangan ekonomi antar wilayah.
    21 09 21 30
    Politik
    https://populicenter.org/gagasan/files/kesenjangan_jawa_dan_luarjawa.php#unique-entry-id-26
  • Presiden-presiden Indonesia

    “Pelatihan

    Sehari setelah Sukarno membacakan naskah proklamasi di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta Pusat, Putra Sang Fajar tersebut ditetapkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) sebagai presiden, dan Muhammad Hatta sebagai wakil presiden. Baca Selanjutnya….
    21 09 21 30
    Erwinton Simatupang
    https://populicenter.org/gagasan/files/presiden-presiden-indonesia.php#unique-entry-id-23
  • Wakil-wakil Presiden Indonesia


    “Pelatihan


    Mohammad Hatta merupakan wakil presiden pertama Republik Indonesia. Tonggak politik Mohammad Hatta adalah perannya dalam mengubah demokrasi presidensial menjadi demokrasi parlementer. Baca Selanjutnya…
    21 09 21 30
    Darin Atiandina
    https://populicenter.org/gagasan/files/wakil-wakil-presiden-indonesia.php#unique-entry-id-24
  • Yang Harus Menunda Pilkada Pada 2022 dan 2023

    “Pelatihan


    Oleh: Jefri Adriansyah

    Peneliti Populi Center

    Regulasi penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) di Indonesia cenderung berubah-ubah sesuai dengan tarik ulur kepentingan antar elite politik. Terakhir, perdebatan terkait dengan pemilihan kepala daerah tidak lebih hanya berkutat pada tahun penyelenggaraan. Baca Selanjutnya…..
    21 09 21 30
    Jefri Adriansyah
    https://populicenter.org/gagasan/files/menunda-pilkada-2022-2023.php#unique-entry-id-25
  • Anomali Jakarta di Bawah Pemerintahan Anies Baswedan
    Jakarta selalu menjadi pusat perhatian di Indonesia baik dalam bidang sosial, ekonomi, politik, dan kebijakan publik. Perannya sangat vital sebagai bahan bakar keberlangsungan bangsa ini. Banyak pula aktor-aktor yang menjadikan Jakarta sebagai target atas kepentingan mereka. Baca Selanjutnya….
    21 09 21 30
    Jefri Adriansyah
    https://populicenter.org/gagasan/files/anomali_jakarta.php#unique-entry-id-22
  • Pemilu-pemilu Pasca Orde Baru
    Gelombang reformasi 1998 mencapai puncak dengan mundurnya Soeharto sebagai Presiden yang baru terpilih kembali setahun sebelumnya melalui Sidang Umum MPR RI. Baca selanjutnya….
    21 09 21 30
    Ade Ghazaly
    https://populicenter.org/gagasan/files/pemilu-pemilu-pasca-orde-baru.php#unique-entry-id-21
  • Pemilu-pemilu Orde Baru, 1971-1997
    Ketetapan MPRS XI Tahun 1966 mengamanatkan bahwa Pemilu seharusnya dilakukan pada tahun 1968. Namun ketika Jenderal Suharto ditunjuk sebagai Penjabat Presiden Indonesia, ia tidak dengan segera menggelar Pemilu. Baca selanjutnya….
    21 09 21 30
    Dimas Ramadhan
    https://populicenter.org/gagasan/files/pemilu-pemilu-orde-baru.php#unique-entry-id-20
  • Pemilu 1955: Tonggak Demokrasi Liberal di Indonesia
    Pemilu tahun 1955 sering kali dinilai sebagai pemilu paling demokratis yang pernah dilaksanakan dalam sejarah Indonesia. Pemilu ini dilaksanakan pada masa pemerintahan Orde Lama (istilah pemerintahan Orde Baru untuk memberikan label pada pemerintahan Sukarno). Baca selanjutnya….
    21 09 21 30
    Rafif Pamenang Imawan
    https://populicenter.org/gagasan/files/pemilu-1955.php#unique-entry-id-19
  • Jakarta voters: leaders are key in cuing policy assessments
    How do Jakarta voters assess the policies of their government? Evaluating a public policy involves a complicated process of assessing information and gauging the cost and benefits entailed in the policy. Due to this costly process, most voters prefer to use shortcuts to assess public policy. Continue…..
    21 09 21 30
    Essai/Opini
    https://populicenter.org/gagasan/files/jakarta_votes_leaders_are_key.php#unique-entry-id-16
  • Spektrum Toleransi/Intoleransi. Dari Demokrasi sampai Tribalisme Media Sosial
    Toleransi dan intoleransi, dengan demikian, dapat dipahami sebagai reaksi tubuh sosial kita terhadap sesuatu yang berbeda, tidak biasa, yang mengganggu, asing, mencemaskan bahkan mengancam. Seperti reaksi alergik pada tubuh biologis, reaksi kita terhadap hal-hal tertentu dalam kehidupan sosial juga berbeda-beda pada masing-masing orang atau kelompok. Baca selanjutnya….
    21 09 21 30
    Hikmat Budiman
    https://populicenter.org/gagasan/files/spektrum_toleransi-intoleransi.php#unique-entry-id-18
  • Menyoal Dinasti Politik di Indramayu
    Kejatuhan rezim Orde Baru merupakan momentum bangsa Indonesia memasuki babak baru kehidupan sosial politik yang lebih demokratis. Pasca-reformasi 1998 sudah dilaksanakan empat kali pemilu, yaitu pada 1999, 2004, 2009 dan 2014. Dalam konteks demokrasi elektoral, terdapat beberapa catatan menarik dalam pelaksanaan pemilu pasca-reformasi. Baca selanjutnya…..
    21 09 21 30
    Essai/Opini
    https://populicenter.org/gagasan/files/MenyoalDinastiPolitikdiIndramayu.php#unique-entry-id-11
  • “Al-Muwathinun” dan sikap Nahdlatul Ulama
    Sebagai salah satu organisasi yang konsisten menyuarakan moderatisme beragama, perdamaian dan kemanusiaan, Nahdatul Ulama (NU) senantiasa mendorong dan mendukung tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara yang dilandasi kesetaraan hak dan kewajiban warga Negara, termasuk dalam hubungan antar bangsa. Baca selanjutnya……
    21 09 21 30
    Essai/Opini
    https://populicenter.org/gagasan/files/%E2%80%9CAl-Muwathinun%E2%80%9DdansikapNahdlatulUlama.php#unique-entry-id-9
  • SBY'S Eroded Presidency
    The first quarter of 2011 shows how pathetic and unsatisfactory is the Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) presidency. He could claimed as the first democratically elected president, but his mediocrity in leadership has brought many unnecessary problems for most Indonesian. Despite his lacking of decisiveness and resoluteness, he often could not respond challenges, problems, and opportunities timely and appropriately. Continue…
    21 09 21 30
    Nico Harjanto
    https://populicenter.org/gagasan/files/sbys_eroded_presidency.php#unique-entry-id-17
  • Potret Konflik Syiah Sampang di Karang Gayam
    Sebagai bangsa yang multikuktural, Indonesia dianugerahi kemajemukan baik dari segi sosial budaya maupun agama. Kondisi ini pada satu sisi merupakan nilai plus dalam kerangka memperkaya khazanah bangsa. Namun di sisi lain dapat menjadi ancaman serius terhadap persatuan dan kesatuan bangsa jika kebhinekaan tersebut tidak disikapi secara bijak. Lanjutkan membaca…..
    21 09 21 30
    Essai/Opini
    https://populicenter.org/gagasan/files/PotretKonflikSyiahSampangdiKarangGayam%20.php#unique-entry-id-12
  • Upaya Dominasi Orang Dayak: Politik Identitas dalam Dinamika Politik Lokal di Kalimantan Barat
    Tulisan ini merupakan laporan perjalanan dalam survei di Kalimantan Barat (Kalbar) pada 3-8 Mei 2017. Di sela-sela kesibukan memantau 80 Tenaga Pengumpul Data (TPD) survei selama lima hari, penulis berupaya menggali isu-isu lokal yang sekiranya menarik atau luput dari pertanyaan dalam kuesioner. Baca selanjutnya….
    21 09 21 30
    Essai/Opini
    https://populicenter.org/gagasan/files/UpayaDominasiOrangDayak.php#unique-entry-id-13
  • Pondok Pesantren sebagai Modal Sosial
    Pada Juni 2018 mendatang Indonesia kembali akan menghelat Pilkada Serentak di 171 daerah, di antaranya sejumlah daerah di Jawa Timur (Jatim). Hasil survei yang dilakukan Populi Center menunjukkan bahwa Wakil Gubernur (Wagub) Jatim Saifullah Yusuf dan Walikota Surabaya Tri Rismaharini mendominasi peringkat pertama untuk tingkat akseptabilitas, popularitas, dan elektabilitas di kedua daerah. Baca selanjutnya….
    21 09 21 30
    Essai/Opini
    https://populicenter.org/gagasan/files/PondokPesantrensebagaiModalSosial.php#unique-entry-id-14

HOW TOS



© 2021 Populi Center | HUBUNGI KAMI