APLIKASI SURVEI POPULI CENTER

BAGAIMANA KAMI MEMASTIKAN SURVEI-SURVEI POPULI CENTER BERLANGSUNG EFISIEN, CEPAT DAN DENGAN HASIL YANG OBJEKTIF DAN AKURAT


Survei-survei konvensional menghadapi beberapa kendala klasik

.
  1. Transportasi logistik survei. Itu meliputi quesioner, alat bantu/peraga, cendera mata buat responden, dll. Semakin banyak jumlah responden dan lokasi yang harus didatangi, semakin banyak logistik yang harus dibawa. Semakin banyak pertanyaan survei, semakin banyak jumlah halaman quesioner yang harus digandakan dikalikan dengan jumlah respondennya. Kerepotan yang hampir sama juga harus dialami ketika pengumpulan data sudah selesai dan tim harus kembali ke kantor.
  2. Selalu ada kemungkinan, sekecil apa pun, bagi petugas pengumpul data melakukan kecurangan (cheating) yang mengakibatkan kualitas data tidak sesuai standar ilmiah.
  3. Proses data-entry yang memakan waktu (tambahan) cukup lama dan rawan terjadi human-error ketika memasukkan data dalam jumlah banyak secara manual.

Sejauh ini tidak ada solusi konvensional yang memuaskan untuk persoalan yang pertama. Quesioner memang bisa saja digandakan di kota terdekat, tapi tetap ada risiko bahwa di kota tersebut tidak ada layanan fotokopi yang kualitasnya cukup baik dan sanggup memproses penggandaan dokumen dalam jumlah sangat besar secepatnya. Untuk problem nomor 2, secara konvensional cara yang dipakai adalah dengan mengandalkan spot-check secara acak pada rentang jumlah 15-20% jumlah responden. Spot-check adalah proses wawancara-ulang yang dilakukan kepada sebagian responden yang dipilih secara acak untuk memeriksa apakah benar mereka pernah diwawancara oleh petugas pengumpul data, dan melihat apakah jawaban mereka untuk pertanyaan-pertanyaan yang dipilih sesuai dengan jawaban yang sudah dikumpulkan oleh petugas pengumpul data tadi. Untuk masalah nomor 3, cara konvensional yang biasa dipakai adalah pengecekan ulang secara manual yang bisa menghabiskan waktu dan melelahkan.


Survei Populi dan Aplikasi Survei Populi

Populi Center memastikan setiap survei berjalan efisien, cepat dan akurat dimulai dari proses dan prosedur pencarian dan pengumpulan data. Setiap satu orang tenaga pencari/pengumpul data (TPD) hanya diperbolehkan melakukan wawancara 3 (tiga) sampai 4 (empat) orang responden dalam satu hari. Di samping itu, masing-masing TPD hanya diberi kewajiban mengumpulkan data dari 10 (sepuluh) orang responden dalam setiap survei. Maka untuk satu survei dengan 1.000 orang responden, misalnya, kami dibantu oleh 100 orang TPD yang sudah memiliki pengalaman dan telah dilatih dengan baik. Waktu pengumpulan data untuk masing-masing TPD, dengan demikian, berkisar antara 3 (tiga) hari sampai maksimal 4 (empat) hari. Kebijakan pembatasan beban kerja TPD ini diambil dengan tujuan untuk menjamin wawancara responden dilakukan oleh para TPD yang masih dalam kondisi stamina cukup optimal, sehingga kesalahan-kesalahan yang diakibatkan oleh faktor kelelahan fisik TPD bisa dihindari. Ini adalah langkah awal kebijakan yang ditempuh untuk memastikan data yang dihasilkan dari survei-survei kami terjamin kualitasnya.

digital-app

Pada sisi yang lain, sejak tahun 2018, Populi Center sudah meninggalkan cara-cara konvensional di atas untuk sebahagian terbesar pekerjaan survei kami. Solusi kami adalah penggunaan aplikasi digital yang khusus dikembangkan untuk kebutuhan eksklusif survei-survei Populi Center: Aplikasi Survei Populi.

  • Bukan Aplikasi Gratis Pihak Ketiga. Aplikasi Survei Populi adalah aplikasi digital milik Populi Center untuk melaksanakan aktivitas survei dan/atau Quick Count (hitung cepat) pemungutan suara yang dikelola oleh Populi Center, Jakarta. Aplikasi Survei Populi berbasis sistem operasi Android dan dapat dijalankan hanya pada perangkat digital (gawai), baik dalam bentuk telepon-pintar (smartphone) maupun tablet yang menggunakan sistem operasi tersebut.
  • Ekslusif dan Custom-build. Tidak ada pihak lain di luar Populi Center baik perorangan maupun lembaga yang diperbolehkan menggunakan Aplikasi Survei Populi untuk tujuan apa pun. Ketentuan ini juga berlaku bagi individu manajemen dan seluruh individu karyawan Yayasan Populi Indonesia dan peneliti Populi Center.
  • Nir-Kertas, Cepat, Efisien. Menggunakan Aplikasi Survei Populi telah memungkinkan kami melakukan paperless survei, karena quesioner tidak lagi dicetak di atas kertas melainkan dimasukkan ke dalam aplikasi digital yang hanya bisa diakses oleh mereka yang sudah diberi otoritas ketika sedang melakukan survei. Kecuali pada sangat sedikit sekali wilayah yang infrastruktur komunikasinya sangat buruk, Tim Survei Populi Center sudah tidak banyak lagi membuang waktu dan biaya untuk transportasi logistik survei dalam jumlah besar-besaran.
  • Data-entry secara Realtime. Jawaban responden survei langsung diinput ke dalam aplikasi Survei Populi ketika wawancara sedang berlangsung sehingga keharusan melakukan input atau data-entry setelah pekerjaan di lapangan tidak lagi diperlukan. Untuk survei dengan 1.000 orang responden, misalnya, ini berarti penghematan waktu kerja antara 2-4 hari.
  • Deteksi Hardware. Aplikasi Survei Populi menggunakan piranti deteksi perangkat keras untuk memastikan bahwa setiap satu orang End User, yakni satu orang petugas pencari/pengumpul data atau TPD (tenaga pengumpul data), hanya memasang/menginstall aplikasi Survei Populi pada satu perangkat keras (smartphone atau tablet) dan hanya untuk satu nomor selular terdaftar.
  • Teknologi Geo-tagging dan Geo-location. Aplikasi Survei Populi menggunakan teknologi geo-tagging dan geo-location untuk mendeteksi akurasi lokasi penggunaan Aplikasi Survei Populi di lapangan oleh tenaga pencari data (TPD) yang terdaftar sebagai bagian dari tim survei/QC Populi Center. Teknologi ini memungkinan kami secara real time memantau pergerakan para TPD ketika menuju dan pada saat sedang berada di lokasi pengumpulan data masing-masing yang sudah ditentukan.
  • Foto Responden in situ. Setiap TPD yang sedang melakukan survei diwajibkan mengirimkan foto responden dan rumahnya melalui aplikasi Survei Populi yang akan tersimpan di dalam server.
  • Realtime Monitoring. Dalam interval waktu tertentu, Aplikasi Survei Populi akan secara acak merekam wawancara yang dilakukan oleh TPD Populi Center ketika menggunakan Aplikasi Survei Populi untuk mengumpulkan data ke dalam survei Populi Center. Dengan teknologi ini para supervisor survei dan/atau kantor pusat Populi Center di Jakarta dapat secara realtime mendengarkan langsung jalannya wawancara antara TPD dengan para responden, sehingga dapat secepatnya mengambil keputusan apabila terjadi sesuatu yang tidak sesuai dengan apa yang seharusnya. Teknologi ini meminimalkan kemungkinan kecurangan (cheating) pada saat wawancara, dan memungkinkan spot-check dilakukan secara lebih efektif dan efisien karena kesalahan-kesalahan yang terjadi sudah terdeteksi secara lebih dini.
  • Online dan Offline. Aplikasi Survei Populi dapat digunakan baik secara online maupun offline. Pada kasus-kasus di lokasi yang mengalami hambatan sinyal komunikasi yang sangat buruk, aplikasi Survei Populi tetap dapat digunakan untuk melakukan wawancara dan input data meskipun belum dapat terkirim langsung ke dalam server. Ketika TPD berada di wilayah yang memiliki sinyal komunikasi yang cukup baik, aplikasi Survei Populi akan secara otomatis mengirimkan data ke dalam server.

Aplikasi Survei Populi meliputi dua komponen yang fungsinya saling terintegrasi dan tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain, tapi yang dalam pengelolaannya diatur berdasarkan hierarki akses yang diputuskan oleh Yayasan Populi Indonesia dan Populi Center:

icon-aplikasi-survei-cropped

  • Pertama, Dashboard adalah utilitas pusat kendali aplikasi Survei Populi yang hanya dapat diakses dan dikelola oleh individu(-individu) yang mendapat otorisasi atau pengesahan wewenang dari pimpinan Yayasan Populi Indonesia dan Direktur Eksekutif Populi Center.
dashboard-aplikasi

  • Kedua, Aplikasi Survei Populi secara eksklusif hanya dipakai untuk atau berfungsi sebagai instrumen pencarian dan pencatatan data dari lapangan untuk survei-survei dan Quick-Count yang diselenggarakan oleh Populi Center, Jakarta.
  • Di dalam Aplikasi Survei Populi terdapat satu set daftar pertanyaan (Quesioner) yang dirancang khusus untuk melakukan wawancara dengan responden dalam satu survei tertentu. Setiap survei menggunakan quesioner yang khusus dibuat untuk survei tersebut.
  • Selain satu set Quesioner Survei, Aplikasi Survei Populi juga dapat berisi satu set daftar TPS (tempat pemungutan suara) yang bersumber dari hasil proses sampling atas daftar lengkap TPS yang diterbitkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia.

Prinsip-prinsip penggunaan Aplikasi Survei Populi telah secara mendetail dicantumkan dalam EULA (End User License Agreement) yang harus dibaca dan disetujui oleh para anggota tim TPD survei Populi sebelum mereka dapat menggunakan aplikasi Survei Populi. Beberapa hal yang diatur dalam EULA tersebut adalah sebagai berikut:

  • End User adalah individu-individu yang diberi otoritas/wewenang untuk menjalankan dan menggunakan aplikasi Survei Populi oleh Yayasan Populi Indonesia melalui Populi Center untuk melaksanakan survei dan/atau Quick Count (QC) atau Hitung Cepat yang dikelola oleh Populi Center, Jakarta.
  • Termasuk ke dalam kategori End User adalah manajemen, staf dan para peneliti Populi Center yang ditugaskan menjadi bagian dari Tim Survei dan/atau Tim QC dalam satu survei atau QC Populi Center, Jakarta.
  • Tenaga Pencari Data (TPD) atau enumerator survei dan/atau QC yang dikelola oleh Populi Center adalah kelompok End User yang mendapatkan hak menjalankan sebagian dari fungsi Aplikasi Survei Populi setelah mendapat otorisasi dari koordinator survei dan manajer survei Populi Center.
  • Otoritas penggunaan Aplikasi Survei Populi hanya berlaku untuk satu kali survei dan setiap End User hanya memiliki otoritas untuk menjalankannya pada satu perangkat keras elektronik berupa telepon-pintar atau tablet berbasis sistem operasi Android yang telah diotorisasi oleh koordinator survei dan manajer survei Populi Center.
  • Setiap End User yang telah mendapatkan otorisasi untuk menjalankan aplikasi Survei Populi tidak dapat dan tidak diperbolehkan memindahkan atau memberikan otoritas tersebut kepada pihak lain baik orang maupun lembaga.
  • Untuk setiap survei dan/atau QC, hak sebagai individu End User secara eksklusif hanya berlaku untuk satu nomor jaringan celular yang didaftarkan pada saat individu-individu mendaftar sebagai anggota tim survei dan/atau QC Populi Center.
  • End User tidak dapat dan tidak diperbolehkan memasang atau menginstal aplikasi Survei Populi pada perangkat digital atau untuk nomor jaringan celular lain selain yang telah secara resmi terdaftar dalam database tim survei/QC Populi Center.
  • Seluruh hasil data yang diperoleh dari proses pengumpulan data di lapangan oleh TPD dengan menggunakan Aplikasi Survei Populi sepenuhnya merupakan milik eksklusif Populi Center/Yayasan Populi Indonesia.
  • Pengolahan dan pemanfaatan atas data yang dihasilkan dari penggunaan Aplikasi Survei Populi sepenuhnya merupakan hak dan wewenang Populi Center/Yayasan Populi Indonesia
  • Dalam setiap survei yang dikelola oleh Populi Center, Aplikasi Survei Populi bersifat sekali pakai. Setelah survei lapangan berakhir dan data terkirim, otoritas akses yang diberikan kepada TPD akan secara otomatis terhapus, dan TPD tidak dapat lagi melakukan log-in ke dalam Aplikasi Survei Populi.