Laporan

Ke Timur Haluan Menuju: Sebuah Tantangan Akademis



Yogyakarta. Populi Center bekerjasama dengan Pusat Kebudayaan Koesnadi Harjasoemantri (PKKH) UGM dalam diskusi dengan tajuk “Ke Timur Haluan Menuju: Sebuah Tantangan Akademis” yang bertempat di PKKH UGM. Diskusi ini untuk membedah buku hasil dari penelitian Populi Center yang dilakukan di kawasan Maluku pada tahun 2018 lalu. Diskusi kali ini dihadiri oleh Prof. Dr. PM Laksono (Guru Besar Antropologi UGM), Saleh Abdullah (Anggota Wali Amanah INSIST), dan Hikmat Budiman (Direktur Eksekutif Populi Center).
Diskusi dibuka oleh Mada sebagai moderator yang menyampaikan bahwa diskusi ini dilaksanakan untuk mengelaborasi bagaimana kita melihat Indonesia Timur dalam bingkai tantangan akademis, sekaligus mempertanyakan urgensi dari kajian Maluku sebagai sebuah daerah penelitian, serta mengapa perlu untuk mengembangkan kajian wilayah ini?

Read More…

Ke Timur Haluan Menuju: Mencari Jalan lain Kesenian Kita




Populi Center dan Indonesia Visual Art Archive (IVAA) bekerjasama dalam sebuah diskusi dengan tema “Ke Timur Haluan Menuju: Mencari Jalan lain Kesenian Kita”. Diskusi ini berusaha membedah buku “Ke Timur Haluan Menuju” yang merupakah hasil penelitian tim Populi Center di Kepulauan Maluku. Acara ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 2 Oktober 2019 di Kantor IVAA Yogyakarta dan dihadiri oleh tiga narasumber yakni Ope’e Wardany, Phomat Wali, dan Hikmat Budiman. Adapun diskusi bedah buku kali ini dimoderatori oleh Yan Parhas.
Diskusi dibuka oleh Yan Parhas yang memberikan pengantar pentingnya buku “Ke Timur Haluan Menuju”

Read More…