PROGRAM AKTIVITAS POPULI CENTER

PENELITIAN


Penelitian Populi Center terbagi ke dalam dua kelompok besar. Yang pertama adalah penelitian yang didasarkan pada pendekatan quantitatif dengan metode survei, sedangkan yang kedua adalah penelitian yang didasarkan pada metodologi Qualitatif dengan metode observasi dan wawancara mendalam. Dalam praktiknya, Populi Center dapat melakukan masing-masing penelitian secara terpisah namun bisa pula melakukan kombinasi antara dua metodologi tersebut. Buku Sudah Senja di Jakarta (2020) adalah satu contoh produk dari kombinasi antara pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang pernah kami kerjakan.



“Pelatihan

SURVEI OPINI PUBLIK


Sejak resmi didirikan tahun 2012 Populi Center telah melakukan ratusan survei opini publik di seluruh wilayah di Indonesia. Sebagian besar dari survei-survei tersebut berhubungan dengan proses dan tahapan-tahapan pemilihan umum, baik di tingkat nasional maupun di tingkat lokal (provinsi dan kabupaten/kota). Survei Opini Publik sangat penting artinya dalam membaca persepsi publik pada kurun waktu tertentu, sehingga karena itu ia dapat dijadikan dasar bagi pengambilan keputusan baik oleh instansi negara maupun swasta.



“Survei

Indonesia Timur-Tenggara

Program ini diinisiasi pada 2018 dengan sebuah penelitian multi-situs di wilayah kepulauan Maluku. Hasil penelitian tersebut telah dipublikasikan dalam bentuk buku yang diterbitkan melalui kerja sama dengan penerbit Buku Obor Indonesia pada 2019 lalu dengan judul, Ke Timur Haluan Menuju. Pada tahapan selanjutnya Populi Center akan melakukan kajian tentang dinamik politik, sosial dan budaya di wilayah-wilayah lain yang merentang dari mulai Pulau Kalimantan sampai Papua.





“Survei

PELATIHAN METODOLOGI


Program ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan peningkatan kapasitas para peneliti Populi Center. Selain aspek-aspek teoritis tentang metodologi dan metode penelitian, program pelatihan juga melliputi pengenalan dan peningkatan kemampuan para peneliti dalam menggunakan perangkat-perangkat lunak (software) yang biasa digunakan dalam proses pengolahan data.











“Pelatihan

FORUM POPULI



Forum Popoli dibagi menjadi dua bentuk aktivitas. Pertama forum peningkatan kapasitas dalam bentuk diskusi internal antar-peneliti Populi Center. Kedua, sebuah program diskusi publik membahas isu-isu krusial, yang diselenggarakan rutin setiap hari Rabu pada minggu kedua dan keempat, dengan narasumber yang kompeten.












“Pelatihan

“Quick

QUICK COUNT DAN EXIT POLL

Quick-Count atau Hitung-Cepat adalah penggunaan metode saintifik untuk mengetahui hasil pemungutan suara secara cepat melalui pencatatan hasil perolehan suara dengan sampel tempat pemungutan suara (TPS). Populi Center memiliki pengalaman cukup luas dalam penyelenggaraan QC baik pada tingkatan pemilihan presiden/wakil presiden, perwakilan partai politik di DPR pusat, Pilkada Gubernur/Walikota, dan perwakilan partai politik di tingkat provinsi/kabupaten/kota.


Exit-Poll adalah survei mini dan cepat untuk mengetahui hasil penghitungan suara dalam pemilihan umum dengan sampel penduduk yang sudah memberikan suara di tempat pemungutan suara. Populi Center telah melakukan puluhan exit-poll pada beberapa pemilihan umum di tingkat nasional maupun regional (kabupaten/kota).


PUBLIKASI

Secara mandiri atau melalui kerjasama dengan pihak lain, Populi Center menerbitkan buku yang didasarkan pada hasil penelitian baik yang menggunakan metodologi kuantitatif maupun kualitatf. Penerbitan hasil penelitian merupakan salah satu upaya kami dalam meningkatkan akuntabilitas (tanggung-gugat) substansi program-program aktivitas yang kami kerjakan.





“Publikasi”

RILIS DAN DISKUSI MEDIA

Populi Center menyelenggarakan rilis dan diskusi media untuk mendiseminasikan temuan-temuan penting dari survei-survei yang sudah dilakukan. Rilis dan diskusi biasanya berlangsung di kantor Populi Center dengan mengundang sejumlah wartawan dari media massa nasional. Di samping itu, rilis media juga dilakukan dengan menyebarluaskan materi rilis melalui email dan aplikasi WhatsApp.



“Rilis

PERSPEKTIF
INDONESIA

Bekerja sama dengan stasiun radio SmartFM, Jakarta, setiap hari Sabtu Populi Center menyelenggarakan talk-show secara langsung pada pukul 09:00 - 11.00 WIB. Rekamannya di kanal Youtube Populi Center.





“Perspektif

“Menulis

Menulis Jakarta



Populi Center mencoba untuk mendorong berkembangnya kajian perkotaan di Indonesia beserta kompleksitas di dalamnya. Kajian perkotaan selama ini banyak didominasi oleh kajian mengenai kaum miskin kota (urban poor). Program ini hendak melihat persoalan perkotaan, terutama DKI Jakarta dari kacamata yang lebih luas. Kota DKI Jakarta dipilih menjadi lokasi penelitian mengingat kota DKI Jakarta menjadi barometer kota-kota lain di Indonesia, dengan mobilitas penduduk yang cukup tinggi, serta lokasinya yang merupakan titik bisnis dan pemerintahan pada saat yang bersamaan.


“Kajian

Jawa Barat dan Banten


Dengan jumlah DPT terbesar di Indonesia, provinsi Jawa Barat dan Banten menjadi kunci dari setiap perhelatan Pemilihan Presiden. Program kajian Jawa Barat dan Banten mencoba melihat perilaku politik dari penduduk di dua provinsi tersebut dalam Pemilu Serentak 2019. Kajian ini penting dilakukan mengingat studi mengenai perilaku pemilih di suatu provinsi atau daerah termasuk langka di Indonesia. Populi Center berinisiatif untuk melakukan kajian perilaku pemilih di Jawa Barat dan Banten dengan menggabungkan dua pendekatan, yakni pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif.

“Kajian


Kajian Parlemen




Populi Center melakukan program kajian Parlemen dengan fokus pada bagaimana posisi partai dalam pembuatan kebijakan serta hubungannya dengan pembilahan sosial di masyarakat. Melalui program ini, tim Populi Center mencoba melihat apakah terdapat kesamaan platform ideologi, perilaku politik, dan posisi partai politik dalam kebijakan di parlemen.


“Populi

Populi Care


Populi Center membentuk Populi Care sebagai wadah misi kemanusiaan untuk para korban bencana yang ada di Indonesia. Bantuan diberikan dalam beraneka macam bentuk, termasuk diantaranya bantuan berupa kebutuhan pokok maupun kebutuhan sehari-hari lainnya.






“Sketsa”

Sketsa


Selain melakukan riset konvensional, Populi Center melakukan riset dengan menggunakan media gambar, yakni melalui sketsa. Salah program yang telah dilakukan dengan metode ini adalah program sketsa di pulau Banda Neira oleh Toni Malakian sebagai illustrator. Sketsa Banda Neira dilakukan sebagai bagian dari memotret realitas yang ada di lapangan. Secara praktis, program sketsa Banda Neira ini didorong untuk memperkaya ilustrasi yang ada dalam buku terbitan terkait dengan riset Timur-Tenggara.

“Rana


Rana Pustaka




Pandemi COVID-19 pada 2020 memaksa Populi Center untuk menerapkan kebijakan Work From Home (WFH), sejak penerapan WFH, para peneliti Populi Center membuat kanal baru berupa tinjauan (review) atas buku, jurnal, album musik, maupun film. Hasil tinjauan tersebut dipublikasikan dalam website dan diberi label Rana Pustaka.


“Pengamatan

Pengamatan Politik


Pada beberapa kesempatan, Populi Center turut memantau perkembangan politik di negara lain. Pada tahun 2018, Populi Center mengirimkan salah satu peneliti untuk mengamati perkembangan pemilu raya Malaysia (PRU 14). Tujuan dari aktivitas ini adalah untuk melihat perbandingan pelaksanaan pemilu antara Indonesia dan Malaysia.

“Kunjungan

Kunjungan Studi


Populi Center membuka kesempatan bagi kunjungan mahasiswa maupun staf pengajar dari universitas untuk melakukan studi banding maupun untuk mengetahui aktivitas keseharian lembaga. Termasuk di dalamnya untuk mendiskusikan agenda-agenda penelitian.


“Program

Program Magang


Program mahasiswa Magang merupakan bagian dari komitmen lembaga untuk mewadahi mahasiswa yang tertarik untuk mengetahui aktivitas lembaga penelitian. Di samping itu, aktivitas magang ini membuka jejaring kerja sama dan memperkenalkan Populi Center dengan universitas-universitas di Indonesia.