Profil

Populi center

Populi Center adalah lembaga nirlaba untuk pengkajian opini publik dan kebijakan publik yang berkedudukan di Jakarta dan berdiri sejak 6 Juni 2012 di bawah badan hukum Yayasan Populi Indonesia (Nomor: AHU-5475.AH.01.04. Tahun 2012). Lembaga ini didirikan untuk melakukan kajian-kajian empirik persepsi publik mengenai masalah sosial, politik dan ekonomi khususnya yang terkait dengan kepemimpinan nasional dan daerah, kajian elektoral dan pemilihan umum, serta evaluasi kebijakan publik yang menjadi perhatian masyarakat luas.

Populi Center telah melakukan banyak survey nasional dan daerah mengenai perilaku pemilih dan kebijakan publik. Untuk mendukung berkembangnya analisa politik moderen dan dilandasi semangat transparasi serta akuntabilitas, Populi Center mempersilakan peneliti politik untuk menggunakan data-data primer sesuai dengan kesepakatan dan etika akademik.

Populi Center juga aktif memfasilitasi diskusi untuk aktivis pro-demokrasi, pejabat, politisi, dan akademisi dalam mengkaji berbagai tema menyangkut pemilu, demokrasi, dan isu-isu aktual lainnya.

Untuk pengembangan kelembagaan, Populi Center juga mengadakan berbagai training dan kursus statistik maupun metode penelitian kuantitatif dan kualitatif buat staf peneliti, anggota komunitas, dan masyarakat umum yang berminat.

Hasil kerja Populi Center telah diapresiasi oleh berbagai kalangan pembuat keputusan mulai dari politisi, pimpinan partai politik, pejabat pemerintahan, korporasi, hingga kalangan akademisi.

Sejak Juni 2021, Populi Center dipimpin oleh Afrimadona sebagai Direktur Eksekutif.

Board of Advisors: Dr. Prasetyantoko (Ketua); Ratri lstania. MA, Ph.D; Prof. Dr. Ramlan Surbakti; Dr. Dan Slater; Teguh Yudo Wicaksono. PhD; Sukidi Mulyadi, MA, Ph.D; Sirojuddin Arif. MA. PhD; E. Christiantoko; dan lchan Loulembah.

Kualitas

Data dan metodologi yang akurat serta ketajaman analisa menjadi kekuatan kami dalam menjaga kualitas di setiap kerja dan kegiatan penelitian. Kami juga berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi kepentingan bangsa dalam setiap upaya kecil kami untuk memahami persepsi masyarakat maupun kebijakan publik.

Orientasi Kerakyatan

POPULI CENTER meyakini bahwa aspirasi masyarakat adalah hal utama yang harus didengarkan dalam tatanan demokrasi supaya tidak terjadi pemaksaan kehendak oleh segelintir elit oligarki maupun penguasa. Sebagai sebuah lembaga penelitian, kami selalu berusaha menjembatani jurang pemisah antara kaum elit dan akar rumput. POPULI CENTER juga berkomitmen ikut berkontribusi dalam mencerdaskan bangsa dengan menyediakan hasil kerja ilmiah berbasis data dan temuan empiris serta melakukan pendidikan dan pelatihan terbatas. Pada akhirnya kami berusaha seoptimal mungkin memberikan masukan dan saran bagi para pemangku jabatan untuk perbaikan kebijakan publik supaya kesejahteraan rakyat dapat segera terwujud.

Integritas

Integritas merupakan kunci utama dalam menjalani kegiatan berbasis akademis dan ilmiah. Tim dari POPULI CENTER selalu mengedepankan kejujuran moral di semua kegiatan dan kerja. Selain menjunjung obyektivitas dan profesionalitas, kami juga memiliki kesadaran etis untuk menyampaikan temuan studi kami apa adanya.

Nirlaba

Sejak berdiri pada tanggal 6 Juni 2012, POPULI CENTER berada di bawah Yayasan Populi Indonesia yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan, khususnya yang terkait dengan penelitian, pelatihan, dan pendidikan non-gelar. Sebagai bentuk aktivitas sosial warga negara yang peduli dengan masa depan demokrasi, POPULI CENTER berorientasi pada penumbuhkembangan partisipasi publik, kapasitas kelembagaan, dan kepercayaan public, serta sama sekali tidak berorientasi komersil. Dengan demikian, segenap kegiatan POPULI CENTER dimaksudkan untuk memperkuat kepentingan publik dan menjaga aspirasi rakyat.

Kerja sama

Copyright @ Populi Center